Notes

Berhenti menggunakan SSL

Sekitar akhir tahun 2016 lalu saya melakukan sedikit konfigurasi pada blog ini dengan mengaktifkan SSL agar bisa gegayaan blog ini keren ada gembok hijaunya dipinggir url karena jauh sebelumnya Google pernah mengumumkan penggunaan protokol https konon katanya adalah indikator ranking signal untuk mesin pencari mereka dan akan diterapkan pada tahun 2017.

Sedikit membahas teknis, SSL itu adalah protokol yang fungsinya untuk mengacak data yang dikirimkan oleh pengguna sebuah website sebelum dikirimkan ke server website yang diakses. Adalah sebuah keharusan bagi penyedia website yang mengharuskan penggunanya untuk memasukkan data sensitif seperti password, informasi data perbankan, informasi kartu kredit.

Website yang menggunakan SSL atau https ini bisa dilihat dari pada bar URL browser yang teman-teman gunakan. Kalau menggunakan Google Chrome akan muncul bar dengan tulisan SECURE dan gambar gembok berwarna hijau. Sedangkan pada Mozilla Firefox akan muncul gambar gembok berwarna hijau.

Jadi teman-teman hati-hati yaa jika memasukkan data sensitif pada website yang tidak mengimplementasikan SSL dan sedang mengakses internet dari koneksi publik seperti wifi kampus atau cafe. Data yang teman-teman masukkan bisa saja dibaca oleh seseorang.

———- BATAS MEMBAHAS TEKNIS ———-

Oke kembali ke topik utama biar sesuai judul 😆

Saya menggunakan SSL yang disediakan gratis oleh Cloudflare. I’m a happy customer dibalik beberapa kekurangan-kekurangan layanannya. Bisa dimaklumi. Layanan gratisan.

Semua terlihat normal. Blognya bisa diakses. Alhamdulillah ada traffic. Tapi ga ada yang ninggalin jejak #BloggerFakirKomen 😆

Sampai sekitar dua bulan yang lalu si Andie meninggalkan komen dikolom komentar Instagram Saya.

Awalnya saya pikir mungkin koneksi providernya si Andie yang sedang bermasalah. Dasar tidak peka orang ngasih tau masih dibecandain akhirnya kualat 😆

Muncul lagi protes dari Aul yang bilang ga bisa meninggalkan komentar

Okesip, berarti memang ada yang salah. Dan ternyata memang benar kalau tombol kirim pada kolom komentar dipencet, pengunjung otomatis terlempar ke halaman google 😆

Laah.. gimana.

Saya coba untuk mengecek satu persatu plugin yang dijadikan tersangka penyebabnya. Nihil. Ga ada yang salah. Sampai akhirnya ga sengaja menemukan pesan error yang kira-kira ada tulisan “Shakehand SSL” nya. Lalu coba menonaktifkan SSLnya.

Dan.. Bisa. Yaelaaaah -__-

Saya sudah mencoba mencari tau referensi yang berhubungan dengan SSL dan redirect otomatis ke halaman google, tapi masih belum menemukan solusinya sampai saat ini.

Demi kemaslahatan bersama, akhirnya saya memutuskan untuk tidak menggunakan SSL dulu pada blog ini.

Lagi pula ini hanya blog biasa yang isinya cuma curhatan doang tidak ada transaksi keuangan atau form yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan data sensitifnya.

Nanti kalau ada niat kesempatan saya coba untuk mencari tau penyebabnya.




10 Comments

  • Anton Hilman

    Wuahahaha pengen keren jadi miskien komen 🙂 makasih sharing infonya uda rian

    Reply
  • sihendri

    numpang komen

    Reply
  • parewa

    test komentar

    Reply
  • Arief Mardianto

    Bisa jadi di penyedia SSL nya kali tu yan ?
    Sudah coba Let’s Encrypt belum ?

    Reply
  • Riandy

    sok-sokan pake SSL di blog wwkwkwkwkwk

    alhamdulillah dirimu sadar bang, mayan sekalian adan linkback ke blog awak

    Reply
  • Riandy

    kelimaks oii..

    **komen diatas maksudnya

    Reply
  • Bayu Fajar Pratama

    Kalau blog yang subdomain dari wordpress atau blogspot biasanya bisa dibikin langsung jadi https dan nggak ada masalah. Kira-kira apa ya masalahnya? Saya juga nggak ngerti. Saya serahkan kepada ahlinya saja hahaha :))

    Salam kenal Uda Rian 😀

    Reply
  • Awin

    Ini komen udah kebaca belom bang? Wkwk

    Reply
  • Reza Aditya

    Untuk kasus tertentu, SSL memang gak terlalu berpengaruh dan gak perlu dipasang.

    Kecuali untuk toko online yang memang sebaiknya perlu karena berhubungan dengan transaksi jual beli.

    Untuk blog biasa, rasanya gak terlalu perlu. Seperti yang udah di share sama situs2 ternama kayak SearchEngineJournal, Moz, dll.

    btw, baa kaba uda rian? ^_^

    Reply
  • farizalfa

    Awak baru bana manggunoan SSL baru bang. SSL gratisan juo, semoga se ndak do masalah.

    Reply

Leave a Reply