Notes

5 Tempat Wisata di Malang Buat Para Pendaki Gunung

Siapa bilang tempat wisata di Malang cuma cocok buat para penjelajah wisata kota?  Gak cuma wisata kota, Malang ternyata menawarkan gunung-gunung yang wajib kamu taklukkan.Gak heran sebenarnya karena lokasi kota Malang emang dikelilingi oleh pegunungan. Jadi, buat kamu para pendaki gunung, kamu wajib sambangi kota satu ini.

Adapun beberapa rekomendasi pendakian yang harus kamu coba, antara lain.

1. Gunung Arjuno

sumber: tipswisata.com

Gunung ini disebut-sebut sebagal salah satu gunung paling mistis di kawasan Malang. Akan tetapi, jangan fokus pada cerita tersebut.

Kawasan Gunung Arjuno menawarkan pemandangan alam yang indah dari berbagai sudut. Ketinggiannya berada di angka 3339 mdpl di sebelah barat laut Malang. Gak begitu tinggi dibandingkan gunung-gunung lainnya sehingga cocok buat kamu yang masih pemula jadi pendaki.

Terdapat setidaknya tiga jalur pendakian, yaitu melalui Batu, Tretes ataupun Lawang. Jalur yang paling direkomendasikan adalah Tretes. Ini karena jalur tersebut lebih mudah diakses. Selain itu, terdapat banyak sumber mata air yang melimpah yang bisa kamu temukan bila lewat jalur tersebut.

2. Gunung Panderman

sumber: mbolangae.blogspot.co.id

Tidak banyak orang yang tahu mengenai Gunung Panderman. Puncaknya lebih rendah daripada Gunung Arjuno namun tidak kalah indahnya. Buat kamu yang ingin sekadar melepas penat saja, bisa menyambangi Gunung Panderman. Kawasannya masih di dalam komplek Pegunungan Kawi.

Untuk menuju ke gunung ini kamu perlu menempuh perjalanan dari kota Batu sekitar 2 jam hingga sampai ke puncak. Di sana kamu bisa mendirikan tenda untuk bersantai atau menginap menikmati suasana alam di puncak Gunung Panderman.

3. Gunung Bromo

sumber: dolandolen.com

Gunung Bromo paling mudah dan cepat diakses kalau kamu melalui jalur Tumpang, Malang, lho. Jadi, gak salah kalau kamu sempatkan diri buat ke Gunung Bromo bila udah sampai di Malang. Udah tahu dong gimana cerita keindahan Bromo? Ada kawah gunung, lautan pasir pura di kaki gunung dan pemandangan alam yang menakjubkan. Sekarang, kamu tinggal atur waktu yang tepat buat wujudkan kunjungan kesana.

4. Gunung Semeru

sumber:malang.medeka.com

Malang emang gak ada matinya. Selain gunung-gunung luar biasa yang udah disebutkan sebelumnya, masih ada lagi nih satu gunung lagi, Gunung Semeru. Semeru adalah salah satu gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

Semeru bisa dibilang menjadi gunung impian para pendaki. Treknya yang cukup menantang bakal memacu adrenalin. Selain itu, tentu aja, kamu bisa lihat pemandangan luar biasa dari puncak Semeru.

5. Gunung Welirang

sumber: wikipedia.org

Kembali ke kawasan komplek Gunung Arjuna, ada satu lagi gunung yang harus kamu datangi. Gunung Welirang berada di ketinggian 3156 mdpl.  Bedanya dengan Gunung Arjuna adalah Welirang masih merupakan gunung aktif. Jadi, kamu masih bisa melihat cairan belerang maupun asap.

Yang menarik di kawasan ini adalah kamu bisa bertemu langsung dengan para penambang belerang. Hasil tambang yang mereka bawa cukup berat. Jadi, kamu perlu berempati dengan kasih jalan buat mereka kalau papasan, ya. Ingin mencoba mandi air panas alami yang baik untuk kesehatan kulit? Datang saja ke pemandian air panas Cangar yang masih berada di kawasan Cangar, Bumiaji. Informasi lebih lengkap tentang pemandian ini bisa dicek di www.traveloka.com ya!

Gunung mana saja yang sudah pernah kamu daki? Untuk pemula mungkin boleh mencoba gunung bromo dulu, yang relatif mudah tanpa perlu persiapan lengkap untuk mendaki gunung. Oh ya, semua moda transportasi bisa digunakan untuk sampai ke Malang. Untuk menambah kesan petualang, kamu bisa mencoba datang kesana dengan kereta api.

2 Comments

  • Aul Howler

    Atuhlah gapernah ke malang
    Boro-boro manjet ka gunung taaaahh

    #TapiPengen

    Reply
  • Bara Anggara

    baru bromo aja yang pernah,, soalnya gampang didaki.. wkwkwk

    -Traveler Paruh Waktu

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.