talua katuang

Gambar dari PadangMedia.com

Telur Penyu. Orang Padang menyebutnya “Talua Katuang”. Bentuknya bulat seukuran bola pimpong. Rasanya agak sedikit anyir tapi banyak yang mengkonsumsinya karena konon katanya dapat menambah vitalitas pria.

Mengutip dari sini :

Penyu dan semua produk dari penyu dilindungi oleh UU No. 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, UU No. 31/2004 jo. UU No. 45/2009 tentang Perikanan, Peraturan Pemerintah No. 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, dan PP No. 60/2007 tentang Konservasi Sumber Daya Ikan.

Mungkin teman-teman akan sedikit tersenyum kecut kalau berjalan-jalan dikawasan Muaro Padang. Sepanjang jalan di pinggir pantai itu teman-teman akan dengan sangat mudah menemukan penjual talua katuang. Menurut pengakuan penjualnya, talua katuang yang mereka jual itu didapatkan dari pengumpul yang mengambilnya dari pulau-pulau kecil tidak jauh dari pantai padang.

Undang-undang? Hehehe.

NB : Postingan ini dibuat karena kemarin sempat becanda-becandaan kepikiran mau jadiin talua katuang sebagai oleh-oleh AntiMainstream khas Padang kemudian dimarahin teman. Ga jadi.

Bagikan :

About Author

| A Blogger From Sumatera Barat - Indonesia | Traveler | Digital Literacy Enthusiast |

10 Comments

  1. Oleh2 anti-mainstream? Cari ampul kosong, ambil pasir Pantai Air Manis, keringkan, masukin dalam ampul, tutup. Masukin juga air laut Pantai Air Manis ke ambul. Jadi deh… oleh2 khas Kota Padang… Pasir dan Air Laut Pantai Air Manis πŸ˜›

  2. woow jualnya terang-terangan gitu yah.. dibeberapa tempat yg pernah aku datang, jualnya sembunyi-sembunyi loh. padahal katanya telur yang dijual itu adalah telur yang sudah diseleksi tidak akan menetas atau cacat. tapi tetep aja ngga dijual terang-terangan

  3. Keluargaku suka banget makan telor penyu ini. Aku cuma bisa melipir pas mereka dengan bahagia (kelihatannya sih) menikmati telor penyu. Dikasih tahu juga percuma. Bandel. Aku harus bagaimana, Mas?! Aku harus bagaimana?! *kemudian drama*

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.