Ohaiyou…!! i am back 😀 !!

yes, i know. i’ve been a very very bad blogger.

39 days without blogging activities. what the hell it’s happened?

dan.. gue semua ini adalah gara-gara account  twitter gw. beneran deh. gara-gara twitter gue lupa kalau gue punya rumah. twitter telah membutakanku.!! *nyari-nyari kambing hitam*

pengen mengupdate berbagai hal yang telah gue alami sebulan terakhir. postingan kali ini gue mau posting sebuah kejadian yang sangat-sangat penting. gw kena sakit mata. ok.. kurang dramatisir. GW KENA SAKIT MATA *diiringi musik horor*. mata gw merah, bengkak dan bernanah selalu berair. persis kayak orang abis mewek semalaman. dan semua ini berawal dari sekelompok teman-teman gw yang pada hari minggu yang lalu ikut Kemah Bakti Mahasiswa (KBM).

gue sendiri sich ga ikutan acara KBM karena minggu lalu jadi pemateri blogging bareng Ardall di acara visit school di Payakumbuh.

awalnya hanya beberapa orang yang terkena penyakit ini. gue juga ga berpikir kalo penyakit ini bisa menular, sampai akhirnya selasa malam kemaren gue mulai merasakan gatal pada mata gue. masih belum ngeh, gue beli obat tetes mata di apotik. abis dikasih obat tetes bukannya ilang, gatalnya malah nambah. mata gue pun mulai memerah. dan sejak saat itu gw resmi tertular sakit mata merah. TIDAK..!!!

dan ternyata bukan hanya gw, besoknya gw ke kampus hampir semua teman seangkatan gw yang sejurusan, serta beberapa orang senior dan junior juga kena. bahkan tadi gw ketemu dosen yang tumben-tumbennya make kacamata hitam. usut punya usut, ternyata sang dosen juga tertular ini penyakit 😆 .

***

tadi gue sempat googling, penyakit ini adalah radang mata menular atau epidemic keratoconyunctivitis (pharyngoconyunctival fever), penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus yang termasuk golongan adenovirus yang menyerang mata dan saluran nafas sebelah atas. Selain itu terdapat golongan virus lain yang menyerang mata hingga merah dan berhubungan dengan infeksi virus yang menyerang usus namun jenis ini lebih jarang ditemukan di Indonesia.

penyakit ini biasanya banyak menyerang pada musim pancaroba.

Penularan virus biasanya terjadi melalui semburan titik ludah pada waktu bersin/batuk, melalui pegangan tangan secara langsung, atau melalui media lain yang tercemar adenovirus seperti saputangan, bantal tempat tidur, atau handuk.

Penyakit virus mata mempunyai masa inkubasi. Virus hanya bisa menginfeksi seseorang kalau terdapat luka-luka halus pada selaput putih mata yang ditimbulkan karena gosokan atau tekanan penderita langsung dimata karena terdapat rasa gatal pada mata. Tindakan ini menyebabkan terjadinya luka halus pada selaput bola mata dan adenovirus dapat masuk. Virus yg masuk akan meyebabkan rasa gatal yang lebih hebat, dan biasanya akan ditekan/digosok kembali oleh penderita.

Masa masuknya virus hingga timbulnya gejala berkisar sekitar 5 – 12 hari. Gejala yang timbul biasanya bagian putih mata terlihat merah, keluar airmata yang banyak, rasa gatal, silau melihat cahaya terang dan rasa perih, serta biasasnya terkena pada kedua mata.

Pada prinsipnya infeksi virus adalah penyakit yang akan sembuh sendiri tanpa diobati bila tidak terdapat infeksi dan kalau mata tidak ditekan/digosok.

Virus penyakit mata merah ini bertebaran di udara dan siap hinggap di tempat-tempat keramaian, seperti pasar, terminal, bioskop, dan sekolah. Itulah sebabnya, pasien penyakit mata merah tidak dianjurkan tetap sekolah atau bekerja. Selain menambah buruk proses penyakitnya, juga membahayakan orang sekitarnya, sekalipun sudah berkacamata.

beberapa tips biar ga tertular :

Buat yang udah kena :

  • Mata dilarang keras untuk digosok atau ditekan apalagi dicolok. mata berair, bersihkan mata dengan tisu bersih agar cairan mata tidak menetes.
  • Cuci tangan dengan sabun sehabis menyentuh mata
  • Pake saputangan, kacamata, bantal atau handuk milik kita sendiri, jangan pake punya teman. ntar nyebar kemana-mana penyakitnya.
  • Pakai kaca mata warna hitam biar gaya mata merah kamu tersamarkan 😀 .

Buat yang belum kena:

  • Jangan memegang mata orang yang menderita sakit mata apalagi mengcoloknya.
  • Rajin cuci tangan pake sabun dan jangan menyentuh mata .
  • Jangan memegang/memakai milik pribadi penderita sakit mata merah.
  • Bila mata terasa gatal, upayakan jangan menggosok/menekan mata.
  • Janagn lupa berdoa biar kamu tidak tertular 😀

mudah-mudahan endemik penyakit ini tidak menyebar kemana-mana. take care yourself guys. musim pancaroba emang musim yang penuh penyakit 🙂

About Author

| A Blogger From Sumatera Barat - Indonesia | Traveler | Digital Literacy Enthusiast |

17 Comments

Leave a Reply to wempi Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.