Categories
Ulasan

Slalom itu apa sih? Kenalan dulu yuk

Ok, ini bakalan keren. Saya baru tahu kalau tanggal 27 April 2013 ini bakalan ada Djarum Super MLD City Slalom sirkuit kedua di LANUD TABING Padang. Area Lanud Tabing yang megah itu bakal jadi saksi panasnya persaingan puluhan peslalom muda yang datang dari seluruh penjuru tanah air. Seperti kata Tjahyadi Gunawan dari Genta Auto & Sport, sebagai penyelenggara kejuaraan “Sirkuit Bandara Tabing sangat megah dan luas, tetapi aspal disana sangat kasar, sehingga memungkinkan peslalom susah melakukan maneuver-manuver yang maksimal, jadi mulai dari sekarang siapkan strategi untuk seri ke-2 nanti”.

Lagian acaranya ga cuma slalom. Bakal ada LED Live, DJ, Dancer dan banyaaak hiburan lainnya. Mengurangi stress karena skripsi yang agak sedikit.. ehem.. hahaha, sepertinya akhir pekan ini saya akan hadir menyaksikan acara ini.

Kapan lagi bisa menyaksikan secara langsung mobil-mobil dengan kecepatan tinggi meliuk-liuk di jalur cone. Karena ternyata selain di Padang, Djarum Super Mild City Slalom digelar sebanyak 9 seri di kota-kota besar di Indonesia meliputi Kota Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, Makassar, Padang, Lampung serta Palembang.

Etapi teman-teman udah pada tau belom sih Slalom itu apa?

 

Jadi gini, secara teknisnya Slalom adalah meliuk-liukkan mobil dalam kecepatan tinggi dan keahlian pengendara untuk mengendalikan mobil tersebut.

Memacu adrenalin? Pastinya.

Mirip-mirip drift gitu?

Kalau dilihat secara sekilas sih memang ada kemiripan antara Drift dan Slalom. Intinya adalah memacu mobil dalam akselerasi tinggi dan melakukan manuver yang membuat mobil “ngepot”. Perbedaannya terletak pada mesin yang digunakan menggerakkan roda pada mobil.

front engine frontdrive

front engine frontdrive

Gambar diatas adalah skema mobil dengan sistem penggerak roda depan yang tidak banyak mengandalkan mesin. Sistem ini paling banyak dipakai pada mobil dengan tenaga mesin yang tidak terlalu besar. Sering dipergunakan pada City Car yang memang ditujukan untuk pemakaian didaerah perkotaan dengan muatan yang tidak terlalu berat.

Naaaaah… Mobil dengan sistem penggerak roda depan inilah yang paling banyak digunakan untuk Slalom. Beberapa modifikasi harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mobil dapat digunakan untuk Stalom. Diantaranya adalah modifikasi terhadap suspensi dan membuat rem tangan menjadi lebih pakem. Selain itu menonaktifkan anti-lock braking sistem juga agar rem belakang lebih mudah untuk mengunci.

Sementara Drifting hanya dapat dilakukan dengan mobil sistem skema penggerak roda belakang. Hal ini terjadi karena tenaga pada mobil dengan skema penggerak roda belakang lebih besar jika dibandingkan dengan mobil tipe skema penggerak roda depan.  Selain itu mobil dengan tipe ini biasanya juga memberikan kestabilan kemudi yang lebih baik.

front engine rear drive

front engine rear drive

Source Gambar : www.drivingfast.net

Sebenarnya slalom ini udah lama banget loh ada di Indonesia. Dulu pada awal 1980-an hingga awal 1990-an, Slalom pernah ngehit banget. Namun sejak krisis ekonomi tahun 1997 Slalom seakan menghilang. Namun beberapa tahun ini geliat pecinta salah satu olahraga otomotif yang terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini kembali. Terbukti dengan  kembali diadakannya Kompetisi Slalom terbesar di Indonesia.

Dari penyelenggaraan sebelum-sebelumnya kalau ada acara yang berbau otomotif di Padang selalu disesaki oleh ribuan penonton. Gimana besok yah, Djarum Super Mild City Slalom ini kan kejuaraan nasional terbesar di Indonesia. Pasti kehadiran ribuan penonton bakal menjadi pemacu adrenalin peserta untuk lebih bersemangat.

slalom

Slalom Bukan Sekedar “ngepot”

Ya iya lah hehehe, untuk melakukan Slalom ini ternyata ada beberapa teknik dasar yang biasa digunakan, jadi ternyata tidak asal manuver teman-teman. Beberapa teknik dasar tersebut adalah sebagai berikut.

U-Turn

Ini adalah gerakan berputar balik. Begitu mendekati kun dari kecepatan tinggi mobil direm dengan kencang tanpa membuatnya mengunci.

uturn

Zig-zag

Teknik ini adalah membelokkan mobil zig-zag dengan ritme dan jalur yang konstan. Kunci utama dari zig-zag adalah menentukan kecepatan paling optimal. Bila terlalu cepat, maka akan terjadi gejala understeer yang akan menyebabkan pengemudi kehilangan banyak waktu.

Reverse Slide

Ini adalah gerakan mobil mundur dan seketika berbalik arah dan langsung maju.

Hmmm… Kayaknya akhir pekan kali ini bakal seru-seruan nih. Untuk informasi lengkap mengenai berita, video highlights dan photo gallery teman-teman bisa mengunjungi website ini atau follow aja twitter @MLDSpot.

By @udarian

| A Blogger From West Sumatera - Indonesia | Traveler | Citizen Journalist Enthusiast |

12 replies on “Slalom itu apa sih? Kenalan dulu yuk”

Jadi paham apa itu slalom meski sampai sekarang nyetir mobil aja masih bingung mulainya dari mana hehehe … but kalau gak salah Rian dulu pernah ke Bali kan ya? Dan kita ngobrol. Maaf kalau salah ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.