Categories
Ulasan

[Review] Carrier Billing Indosat – Bayar Aplikasi Android Pake Pulsa

google playDISCLAIMER : Sampai saat disclaimer ini ditulis saya bisa membeli aplikasi dengan lancar. Kalau ada yang ngga bisa yaa ndak tau. Silahkan hubungi operatornya hehehe.

Coba-coba nulis review nih ceritanya. Beberapa hari yang lalu saya sempat membaca disebuah portal berita bahwa Indosat menjadi operator selular pertama di Indonesia yang yang menerapkan sistem Carrier Billing untuk layanan Google Play.

Jadi, fungsi carrier billing ini akan memungkinkan pembelian konten ditagihkan ke tagihan bulanan pelanggan pascabayar atau potong pulsa langsung untuk pengguna prabayar. Menurut saya ini akan memberikan kemudahan kepada pengguna Google Play yang tidak memiliki kartu kredit apabila ingin membeli aplikasi.

Karena penasaran, semalam saya mencoba melakukan pembelian di Google Play. Sebagai percobaan saya membeli 100 koin untuk aplikasi line. Sepertinya layanannya telah aktif untuk seluruh pengguna Indosat karena beberapa hari yang lalu saya cek belum ada pilihan Enable Indosat Billing pada pilihan Payment methods di Google Play Saya.

indosat billing

Setelah saya memilih opsi Enable Indosat Billing, sepertinya sistem secara otomatis melakukan verifikasi akun. Sampai kemudian muncul tampilan Indosat billing dimana saya diminta untuk mengisi bebarapa data seperti nomor ponsel, nama lengkap dan alamat. Sip, selesai. Setelah itu muncul lagi tampilan konfirmasi password ID Google untuk keamanan.

konfirmasi password

Setelah password dimasukkan dengan benar, transaksi telah selesai dan saya langsung mendapatkan notifikasi via email.

notifikasi email

Jumlah total pembelian tertulis pada  email yang terkirim kepada saya adalah Rp 22.767, namun pulsa saya yang terpotong adalah sekitar 25ribuan. Saya berkesimpulan bahwa ada penambahan PPN sebesar 10% untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui Carrier Billing ini.

Jadi kesimpulannya, penggunaan carrier billing ini benar-benar menjadi solusi untuk pengguna google play yang ingin membeli aplikasi namun tidak memiliki kartu kredit.

Penggunaan Google Play Gift Card mungkin juga bisa menjadi solusi lainnya untuk mereka yang tidak memiliki kartu kredit. Namun harganya lebih mahal. Dari beberapa penjual online yang sempat saya cek, rata-rata harga Google Play Gift Card yang mereka jual untuk $10 adalah Rp 140.000.  Dan, konon katanya tidak bisa dilakukan reedem dari Indonesia.

Semoga layanan carrier billing ini nantinya juga akan diimplementasikan oleh operator lainnya di Indonesia.

Demikian review saya. Have a nice weekend folks! 😀

By @udarian

| A Blogger From West Sumatera - Indonesia | Traveler | Citizen Journalist Enthusiast |

11 replies on “[Review] Carrier Billing Indosat – Bayar Aplikasi Android Pake Pulsa”

kenapa punya saya setiap transaksi selalu gagal ya gan tertulis kesalahan ” user has insufficient credit” sperti itu knpa gan ya mohon info nya

Kalau pengalaman sy si begini :
Enable billing Indosat dulu, dari my account, abis itu baru cari app yang mau dibeli & pas mau beli pilihnya Use Google Play jangan Use Billing Carrier
dulu pernah ngalamin soalnya walau pulsa cukup ga bisa beli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.