Ulasan

Maker Fest – Saatnya Kreator Lokal Jadi Brand Nasional yang Mendunia

Udah pernah denger tentang Maker Fest teman-teman? Tahun 2018 Maker Fest akan hadir di 8 Kota di Indonesia loooh.

Maker Fest itu apa sih?

Jadi gini teman-teman, Maker Fest adalah sebuah gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal. Nah, gerakan ini hadir untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, dan memberikan panggung offline & online bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka, harapannya dimasa depan nanti brand-brand dari Indonesia juga bisa mendunia. Keren kan?

Hadir secara independen. Maker Fest berkolaborasi dengan Tokopedia dan didukung oleh institusi-institusi pemerintahan sekaligus pelaku industri Indonesia, yaitu Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta JNE. Meski diselenggarakan bersama Tokopedia, namun Maker Fest inklusif dan terbuka bagi seluruh kreator lokal di Indonesia yang memiliki passion untuk mengembangkan diri dan produknya.

Dilaksanakan pada April-Desember 2018, Maker Fest 2018 diadakan di 8 Kota yaitu Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Denpasar.

Oh iya, Kota Padang sendiri menjadi kota ke dua yang dikunjungi Maker Fest 2018. Kegiatannya akan dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 April 2018 di Lapangan Imam Bonjol Padang.

Pada tiap kota, akan diselenggarakan berbagai kegiatan edukasi, workshop dan sesi sharing keterampilan. Para kreator juga dapat berkonsultasi dengan pelaku usaha, konsultan bisnis serta pengusaha ekonomi kreatif skala nasional mengenai tantangan dan solusi yang dihadapi dalam mengembangkan bisnis mereka. Termasuk dalam hal pengembangan SDM, inovasi, strategi pemasaran, branding, hingga akses ke permodalan.

Di setiap kota juga akan dilaksanakan Local Maker Competition 2018, kompetisi berkreasi untuk para kreator lokal yang ingin mengenalkan dan mengembangkan bisnisnya. Pemenang dari tiap kota akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival Maker Fest 2018 di Jakarta pada bulan Desember mendatang. Dari 24 peserta skala nasional, 10 finalis terbaik akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnisnya dan memberikan sesi workshop di depan para juri dan pengunjung Festival Maker Fest 2018.

Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan reward masing-masing sebesar Rp 1 Milyar, Rp 300 juta, dan Rp 200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, pemenang juga mendapatkan reward lainnya berupa konsultasi kreatif dan produksi untuk branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional dan kesempatan berpartisipasi dalam pameran internasional, serta mengakses jalur distribusi ke ritel internasional.

So? Kamu punya ide kreasi produk sendiri? Saatnya ide tersebut untuk dikenal dunia. Ayo Daftar! Jangan ditunda-tunda, nanti nyesel loh 😀

2 Comments

  • Goiq

    event yang keren ini

    Reply
  • ibadahmimpi.com

    Halo, selamat malam gan.
    Ambo nio nanyo, masih aktif ndak komunitas blogger sumbar itu?
    Kalau masih aktif, ba a caro ambo bisa bergabung gan?

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.